BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 13 April 2011

Panduan Nutrisi Balita


Balita tidak bertumbuh sepesat saat masa bayi, tetapi kebutuhan nutrisi mereka tetap merupakan prioritas utama. Di masa balita ini nutrisi memegang peranan penting dalam perkembangan seorang anak. Masa balita adalah masa transisi, terutama di usia 1-2 tahun, dimana seorang anak akan mulai makan makanan padat dan menerima rasa dan tekstur makanan yang baru. Di masa balita, anak Anda membutuhkan nutrisi dari berbagai sumber dan makanan.
Tergantung dari usia, besar tubuh dan tingkat aktivitas mereka, balita biasanya membutuhkan sekitar 1000 – 1400 kalori per hari. Di bawah ini adalah tabel untuk mengukur secara rata-rata jumlah makanan yang dibutuhkan balita per-hari. Tetapi Anda harus ingat bahwa setiap anak berbeda, dan jangan khawatir jika Anda tidak selalu persis mengikuti tabel ini setiap hari. Yang penting Anda terus berusaha untuk memberikan variasi nutrisi yang tepat setiap hari dalam makanan anak Anda.
Tabel dibawah ini berdasarkan Piramida Panduan Makanan untuk balita usia 2 – 3 tahun.

Kelompok Makanan
Jumlah per Hari untuk anak usia 2 tahun
Jumlah per Hari untuk anak usia 3 tahun
Cara Menyajikan dan contoh Makanan
Biji Padi-padian
3 ons (85gram)
4-5 ons (110-140gram)
Satu ons sama dengan 1 potong roti, 1 gelas takar sereal siap saji, atau 1/2 gelas takar nasi atau pasta matang.
Sayuran
1 gelas takar
1,5 gelas takar
Gunakan gelas takar untuk memastikan jumlahnya. Sajikan sayuran yang halus, dipotong sampai kecil dan dimasak sampai matang untuk mencegah anak tersedak.
Buah-buahan
1 gelas takar
1,5 gelas takar
Gunakan gelas takar untuk memastikan jumlahnya. Pisang sepanjang 20-23cm sama dengan 1 gelas takar.
Susu
2 gelas (400ml)
2 gelas (400ml)
Satu gelas sama dengan: 1 gelas susu atau yogurt, 1 1/2 ons (45gram) keju alami, atau 2 ons (60gram) keju yang sudah diproses.
Daging dan Kacang-kacangan
2 ons (65gram)
3-4 ons (85-115gram)
Satu ons sama dengan: 1 ons (30gram) daging ayam atau ikan, 1/4 gelas takar kacang-kacangan matang, atau 1 butir telur.

Selain itu,anak balita membutuhkan 500 miligram kalsium per hari. Jumlah ini mudah untuk dipenuhi jika anak Anda mendapatkan sedikitnya dua gelas susu per hari. Kalsium adalah bagian penting dari kebutuhan nutrisi balita, dan susu menyediakan kalsium dan Vitamin D untuk membangun tulang yang kuat. Anak balita juga membutuhkan 7 miligram zat besi setiap hari. Ia bisa mendapatkan ini dari makanan kaya zat besi seperti daging, ayam, ikan, nasi, kacang-kacangan, tahu dan juga makanan yang kaya Vitamin C seperti tomat, brokoli, jeruk dan strawberi yang meningkatkan serapan zat besi di dalam tubuh.

0 komentar: